Popular Post

Posted by : ridwankalimanis.blogspot.com Minggu, 07 Juli 2013

Beberapa Kosakata yang menggambarkan Jerman

Alexander-von-Humboldt-Stiftung
Yayasan Alexander von Humboldt (AvH), didirikan pada tahun 1860, kini mendukung kerja sama ilmiah antara peneliti asing terkemuka dan koleganya di Jerman. Setiap tahun Yayasan AvH memberi kesempatan kepada lebih dari 1.900 peneliti internasional untuk tinggal dan melakukan riset di Jerman. Di samping itu dipeliharanya jaringan yang mencakup sekitar 23.000 alumni program yayasan di segala bidang ilmu yang tinggal di 130 negara, di antaranya 43 pemenang Hadiah Nobel.

Anggota parlemen
Para anggota Bundestag Jerman dipilih dalam pemilihan yang bersifat umum, langsung, bebas, sama dan rahasia. Mereka mewakili seluruh rakyat dan tidak terikat pada penugasan atau instruksi. Oleh karena itu kedudukan sebagai anggota parlemen tidak akan terpengaruh apabila yang bersangkutan dikeluarkan ataupun keluar dari partainya. Namun dalam praktik, keanggotaan dalam partai memegang peranan penting. Para anggota dewan dari partai yang sama bergabung untuk membentuk sebuah fraksi, kecuali kalau partai yang bersangkutan gagal memperoleh jumlah kursi minimum. Fraksi-fraksi itulah yang menentukan kegiatan parlemen.

Anggur dari Jerman
Anggur Jerman tumbuh di 13 dae­r­ah pertanaman; di atas lahan seluas 100.000 hektar lebih dihasilkan sejumlah besar jenis minuman anggur khas daerah. Daerah pertanaman anggur terutama terletak di kawasan barat daya dan selatan, kecuali da­erah Sachsen dan Saale-Unstrut yang terletak di kawasan timur Jerman. Ada hampir 140 jenis pohon anggur, namun hanya dua lusin di antaranya mempunyai arti besar di pasar­an, terutama jenis anggur putih Riesling dan Müller-Thurgau. Sekitar dua pertiga dari produksi anggur Jerman terdiri dari anggur putih, sisanya anggur merah. Produksi total per tahun mencapai 10 juta hektoliter; dua hektoliter di antaranya diekspor, terutama ke Amerika Serikat, Inggris dan Belanda.

Arus imigrasi
Pada abad ke-19 Jerman telah menjadi negara tujuan bagi sejumlah besar migran. Sejak pertengahan kedua abad ke-20, jumlah pendatang di Jerman adalah yang terbesar di seluruh Eropa. Pada tahun 1950, bagian warga asing dalam jumlah penduduk seluruhnya di Republik Federal Jerman hanya mencapai sekitar 500.000, atau kurang lebih satu persen. Hal itu telah berubah secara jelas: Dewasa ini sekitar 6,7 juta warga asing tinggal di Jerman, yaitu 8,2 persen dari jumlah penduduk seluruhnya, di antaranya 2,4 juta warga UE. Kira-kira setiap orang asing kelima yang tinggal di Jerman lahir di sini, dengan demikian tergolong generasi migran kedua atau ketiga.

Asuransi kecelakaan
Asuransi kecelakaan kerja yang diwajibkan oleh undang-undang merupakan asuransi tanggung wajib yang dibayar oleh pengusaha untuk pekerjanya. Dengan demikian para pekerja mempunyai jaminan terhadap akibat kecelakaan kerja atau penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan.

Asuransi kesehatan
Hampir semua penduduk Jerman menjadi anggota asuransi kesehatan, atau yang wajib (89 persen) atau yang privat (hampir 11 persen). Asuransi kesehatan menanggung biaya perawatan oleh dokter, obat-obat­an, perawatan di rumah sakit dan tindakan preventif. Iuran asuransi kesehatan dibayar oleh pekerja dan majikan. Peserta asuransi kesehatan wajib tidak harus membayar iuran untuk anggota keluarganya yang tidak mempunyai pendapatan.

Asuransi pengangguran
Penganggur di Jerman berhak atas tunjangan. Penganggur yang selama dua tahun sebelumnya paling sedikit selama 12 bulan membayar iuran asuransi pengangguran berhak menerima uang pengangguran (60 sampai 67 persen dari gaji neto terakhir). Uang pengangguran dibiayai dari iuran yang disetor oleh pekerja dan majikan, masing-masing separuh. Jangka waktu penerimaan uang peng­angguran paling lama enam sampai 24 bulan. Setelah itu dapat diterima tunjangan untuk menutupi kebutuhan pokok pencari kerja (“Uang pengang­guran”) yang jumlahnya tergantung dari harta yang dimiliki. Instrumen yang ternyata berguna dalam krisis ekonomi ialah “uang untuk jam kerja tidak penuh”. Berkat tunjangan yang dibiayai oleh pajak itu, perusahaan dapat bertahan dalam keadaan sulit tanpa harus memutuskan hubungan kerja.

Asuransi perawatan
Asuransi wajib terhadap risiko ketergantungan dari perawatan mulai dilaksanakan pada tahun 1995 sebagai “tiang kelima” asuransi jaminan sosial. Untuk pembiayaannya ditarik iuran yang sama tingginya dari pekerja dan majikan menurut pola pembagian antarpeserta. Menurut rencana, cara pembiayaan tersebut akan dilengkapi dengan unsur-unsur pendanaan yang terjamin oleh modal.

Asuransi purnakarya
Asuransi purnakarya yang diwajibkan oleh undang-undang adalah sokoguru terpenting bagi jaminan hari tua. Pembiayaannya didasarkan atas pola pembagian antarpeserta: Iuran yang dibayar setiap bulan oleh para pekerja dan majikan dipakai untuk membayar uang purnakarya secara teratur kepada peserta asuransi yang sudah mencapai usia pensiun. Dengan menyetor iuran selama masa kerja aktif, peserta asuransi memperoleh hak penerimaan uang purnakarya atas nama sendiri. Dana untuk membayar uang purnakarya itu di masa depan harus dikumpulkan dari iuran generasi berikutnya lagi (“perjanjian antargenerasi”). Di samping itu sistem jaminan hari tua didukung oleh tiang kedua dan ketiga berupa dana persiapan hari tua yang disediakan oleh perusahaan atau yang dikumpulkan secara perseorangan. Dengan persyaratan tertentu jenis dana itu mendapat subsidi dari negara.

Bachelor dan Master
Dalam kenyataan, di beberapa perguruan tinggi masih dipergunakan kurikulum dan jenis ujian yang lama dan yang baru secara paralel. Dalam semester musim dingin 2009, perguruan tinggi Jerman menawarkan lebih dari 9.500 perangkat mata kuliah untuk mencapai gelar bachelor dan master. Hal itu berarti bahwa 75 persen lebih dari kurikulum seluruhnya telah disesuaikan dengan struktur yang baru.

Badan penyiaran publik dan swasta
Untuk badan penyiaran (teve dan radio) di Jerman berlaku dua pola organisasi dan pembiayaan yang berbeda. Badan penyiaran swasta hampir 100 persen dibiayai dari iklan. Badan penyiaran publik dibiayai oleh iuran dan iklan, dan terikat secara hukum pada misi siaran tertentu. Ada 9 badan penyiaran publik yang disusun menurut negara bagian dan yang bergabung dalam Arbeitsgemein­schaft der Rundfunkanstalten in Deutschland (ARD). Secara bersama ARD mengadakan Televisi Jerman Pertama (Das Erste), dan anggotanya me­nyiarkan programa televisi dan radio regional hasil pro­duksi sendiri. Badan penyiaran publik lain ialah Televisi Jerman Kedua (ZDF), yang tidak me­nyiarkan programa regional dan tidak mengadakan siaran radio, serta Deutschlandradio.

Baden-Württemberg
Ibu kota: Stuttgart
Penduduk: 10.739.000
Luas dalam km²: 35.751,65
PDB dalam miliar Ero: 337,12
www.baden-wuerttemberg.de

Bahan pangan organik
Semakin banyak petani Jerman beralih ke pertanian organik. Antara tahun 1996 dan 2008, jumlah usaha pertanian yang bekerja menurut kriteria ekologi naik dari kurang lebih 7.400 menjadi 19.800. Di pasar swalayan dan toko khusus di Jerman tersedia lebih dari 56.000 produk yang memakai label resmi “Bio-Siegel” sebagai hasil pertanian organik. Kriteria untuk klasifikasinya sangat ketat: dalam produksi bahan pangan tersebut tidak boleh dipakai pestisida atau teknologi pengubah gene; produk hewani harus berasal dari peternakan biologis.

Bantuan sosial
Jaringan jaminan sosial dilengkapi oleh uang bantuan sosial yang dibiayai oleh pajak. Tunjangan itu diberikan kepada warga yang tidak sanggup mengatasi keadaan susahnya dengan tenaga dan sarana sendiri atau dengan bantuan keluarganya. Di samping itu terdapat bantuan sosial pokok untuk orang lanjut usia atau orang invalid, begitu juga bantuan dari pihak negara untuk biaya hidup dan dalam situasi khusus.

Bauhaus
Bauhaus (1919-1933) dianggap sebagai perguruan seni rupa, desain dan arsitektur paling termasyhur di era modern klasik. Sekolah yang didirikan oleh Walter Gropius itu mula-mula berkedudukan di Weimar, kemudian pindah ke Dessau. Kelompok seniman dan arsitek Bauhaus menciptakan cara pengungkapan dalam rupa yang baru, jelas dan sesuai dengan zaman. Pengaruh corak baru itu masih terasa sampai sekarang. Termasuk di antara tokoh-tokoh Bauhaus terkenal ialah Ludwig Mies van der Rohe, Lyonel Feininger, Oskar Schlemmer dan Sophie Taeuber-Arp.

Berlin
Ibu kota: Berlin
Penduduk: 3.404.000
Luas dalam km²: 891,75
PDB dalam miliar Ero: 80,62
www.berlin.de

Berlin pada dasawarsa ”Dua puluhan emas“
Fase kemajuan di bidang ekonomi dan penurunan suhu politik antara tahun 1924 dan 1929 membawakan masa gemilang yang pendek dan sangat intensif. Suasananya terutama terasa di ibu kota Berlin. Kota metropolitan itu berkembang menjadi salah satu pusat senibudaya dan ilmu di Eropa. Kemajuan teknik dan semangat bereksperimen dalam seni-seni arsitektur, teater, sastra dan film menggairahkan kehidupan. Dengan terjadinya krisis ekonomi global pada tahun 1929, akhir ”Dua puluhan emas“ dan kemerosotan Republik Weimar terasa telah mendekat.

Brandenburg
Ibu kota: Potsdam
Penduduk: 2.548.000
Luas dalam km²: 29.477,16
PDB dalam miliar Ero: 49,49
www.brandenburg.de

Cara hidup
Dalam masyarakat Jerman terdapat aneka bentuk kehidup­an bersama, akan tetapi se­bagian besar orang – lebih dari 66 juta penduduk – hidup dalam rumah tangga yang mencakup beberapa orang. 16 juta orang tinggal sendiri. Lebih dari 41 juta orang hidup dalam rumah tang­ga orang tua-anak, di antaranya sekitar 20 juta anak. Hampir 23 juta orang hidup berpasang­an, tanpa anak. Termasuk di antaranya mayoritas dari ke-46.000 laki-laki dan 23.000 perempuan yang tinggal ber­sama partner sejenis. Menurut perkiraan, secara keseluruhan terdapat 160.000 pasangan sejenis di Jerman.

Constanze Kleis
Penulis beberapa buku mengenai gaya hidup, bekerja sebagai publisis bebas untuk berbagai majalah berita dan surat kabar Jerman.

DAAD
Deutscher Akademischer Austauschdienst (Dinas Pertukaran Akademis Jerman – DAAD) adalah institusi milik bersama dari perguruan tinggi Jerman. Tugasnya mempererat hubungan dengan perguruan tinggi di luar negeri, terutama melalui pertukaran mahasiswa/mahasiswi dan ilmuwan/ilmuwati. Program pertukaran DAAD umumnya terbuka bagi semua disiplin ilmu dan dapat dimanfaatkan baik oleh warga asing maupun warga Jerman. DAAD memelihara jaringan kantor, dosen dan perhimpunan alumni di seluruh dunia dan memberikan informasi dan konsultasi di tempat, di antaranya di Jakarta.

Daerah pertanaman anggur
• Ahr
• Baden
• Franken
• Hessische Bergstraße
• Mittelrhein
• Mosel-Saar-Ruwer
• Nahe
• Pfalz
• Rheingau
• Rheinhessen
• Saale-Unstrut
• Sachsen
• Württemberg

Dasar politik luar negeri
Politik luar negeri Jerman yang berciri kontinuitas dan keterandalan, ditandai oleh kerja sama dalam semangat kemitraan dan penyeimbangan kepentingan. Yang dapat disebutkan sebagai titik orientasi politik luar negeri Jerman ialah kedua aksioma ”never again“ dan “never alone“. Dengan dilatarbelakangi oleh sejarah Jerman, ”never again“ mengungkapkan penolakan terhadap politik yang otoriter dan bertujuan ekspansi, serta sikap skeptis mendasar terhadap penggunaan alat kekuasaan militer. Aksioma ”never alone“ berarti keterjalinan ketat di dalam komunitas negara demokrasi Barat. Integrasi Jerman dalam Eropa yang semakin merapat, dan tautannya yang kokoh dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara merupakan sokoguru orientasi politik luar negeri. Jerman menjadi anggota aktif di berbagai organisasi kerja sama multilateral.

Demoskopi – anggapan warga Jerman mengenai persatuan
Dalam Laporan Tahunan Pemerintah Federal Mengenai Keadaan Persatuan Jerman 2009 tercatat kemajuan yang berarti, tetapi di lain pihak ­masih tetap terdapat perbedaan dalam pandangan timbal balik antara penduduk di barat dan di timur. Beda itu misalnya terlihat dalam hal saling menghargai prestasi, atau dalam keluhan banyak warga di timur yang merasa dikesampingkan. Perasaan itu menyangkut baik situasi keuangan mereka maupun ­kedudukan dalam masyarakat. Masih tetap ada rasa asing antara banyak penduduk Jerman di timur dan di barat. Dalam angket empiris pun tetap terungkap perbedaan dalam menilai kenyataan di masyarakat.

Deutsche Forschungsgemeinschaft
DFG, Himpunan Penelitian Jerman, merupakan organisasi swadaya pusat dari lembaga-lembaga ilmiah. DFG mendukung proyek penelitian; dananya terutama disediakan bagi perguruan tinggi. Di samping itu DFG mendukung kerja sama antara peneliti dan memberi konsultasi kepada parlemen-parlemen dan instansi pemerintah.

Dewan Eropa
Dewan Eropa menetapkan garis besar haluan politik Uni Eropa. Paling sedikit dua kali setahun para kepala negara dan kepala peme­rintahan negara-negara anggota serta Presiden Komisi Eropa dan Wakil Tinggi untuk Politik Luar Negeri dan Keamanan bertemu di Dewan Eropa di bawah pimpinan presiden dewan itu.

Dewan Iklim PBB (IPCC)
Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) adalah kelompok ahli internasional yang ditugaskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dalam forum itu, ratusan pakar internasional dan wakil dari lebih dari 100 negara menganalisis perubahan iklim di bumi dan menyarankan tindakan penanggulangan. Laporan IPCC keempat, yang disusun dengan kolaborasi ilmuwan Jerman juga, diterbitkan pada tahun 2007. Kesimpulannya: Manusia memperkuat efek rumah-kaca, memanaskan bumi, dan kini harus bertekad untuk merombak keadaan itu. Dewasa ini IPCC menyusun laporan kelima yang akan terbit pada tahun 2013/2014. Lembaga ilmiah Jerman ternama yang meneliti perubahan iklim ialah Lembaga Max Planck untuk Meteorologi, Lembaga Alfred Wegener untuk Penelitian Kutub dan Lautan, Wuppertal-Institut serta Potsdam-Institut für Klimafolgenforschung (Lembaga Potsdam untuk Penelitian Dampak Iklim).

Dewan Keamanan
Pada bulan Desember 2004 telah berakhir masa keanggotaan keempat sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak Jerman menjadi anggota PBB pada tahun 1973. Agar PBB dapat menyesuaikan diri dengan realitas politik yang baru, Jerman mendukung reformasi luas dari organisasi sedunia tersebut. Reformasi yang dimaksud mencakup perluasan Dewan Keamanan dan perbaikan tata cara bersidangnya sehingga menjadi lebih transparan.

Dewan Parlementer
Majelis yang berfungsi sebagai dewan konstituante ini bersidang untuk pertama kali pada tanggal 1 September 1948. Ke-65 anggotanya dipilih oleh kesebelas dewan perwakilan negara bagian yang ada di Jerman Barat ketika itu. Sebelumnya telah dirumuskan pokok pembahasan oleh sebuah komisi ahli yang bersidang di Pulau Herrenchiemsee di Bavaria.

Dewan Uni Eropa
Dewan itu (Dewan Menteri) merupakan badan legislatif terpenting UE. Setiap negara anggota meng­utus satu orang menteri resor. Kewenangan legislatif dan tanggung jawab untuk anggaran belanja UE dibagikan antara Dewan dan Parlemen Eropa. Jabatan ketua - kepresidenan Dewan UE - bergilir setiap enam bulan.

documenta
documenta di Kassel merupakan pameran seni rupa kontemporer yang paling berpengaruh di dunia. Atas prakarsa pelukis Arnold Bode, documenta diselenggarakan untuk pertama kali pada tahun 1955. Pameran yang segera meraih sukses internasional itu, selanjutnya diadakan lima tahun sekali selama 100 hari. Documenta ke-13 akan berlangsung pada tahun 2012.

Dunia teater
Di Jerman sering dipentaskan karya seniman yang suka ber- eksperimen. Cara ekspresi baru dicoba juga oleh teater tari Jerman yang memiliki beberapa ansambel terkemuka. Termasuk di antara tokoh besar teater tari modern ialah Pina Bausch, koreograf yang meninggal dunia pada tahun 2009. Bintang lain di gelanggang teater tari internasional ialah penari dan penata tari Sasha Waltz yang lahir di Karlsruhe dan yang bekerja sebagai koreograf pada Schau­bühne di Berlin.

Ekonomi kekreatifan
Kekayaan akan gagasan dan daya cipta merupakan faktor ekonomi yang penting bagi Jerman. Sektor kreatif yang mencakup seni rupa, film, musik, mode, media, buku dan gaya hidup mempekerjakan 760.000 orang. Dengan menghasilkan nilai tambah sebesar 63 miliar Ero pada tahun 2008, sektor dinamis tersebut berkedudukan antara industri mobil dan in­dustri kimia.
Ekonomi Pasaran Berorientasi Sosial
Undang-Undang Dasar Jerman tidak mengharuskan penerapan tata ekonomi tertentu, namun penerapan sistem ekonomi pasaran bebas yang murni dicegahnya dengan menetapkan prinsip negara sosial. Sejak didirikannya Republik Federal Jerman pada tahun 1949, Ekonomi Pasaran Berorientasi Sosial merupakan dasar politik Jerman di bidang ekonomi. Dengan sistem itu dicoba mengambil jalan tengah antara ekonomi pasaran murni dan sosialisme. Ekonomi Pasaran Berorientasi Sosial dikembangkan dan diterapkan oleh Ludwig Erhard, menteri ekonomi pertama yang kemudian menjadi Kanselir Federal. Konsep tata ekonomi itu didasarkan atas prinsip kebebasan ekonomi pasaran, yang dilengkapi dengan tindakan penyeimbangan di bidang sosial. Menurut konsep tersebut, di satu pihak pada prinsipnya dimungkinkan pergerakan bebas kekuatan-kekuatan pasar. Namun di pihak lain negara menjamin adanya jaringan sosial sebagai jaminan terhadap risiko.

Ekspor
Fakta yang menunjuk kepada daya saing perusahaan Jerman ialah kuota ekspor dari cabang industri pengekspor terpenting yang meningkat secara berarti sejak tahun 1991. Biarpun ada krisis ekonomi, kuota ekspor di cabang konstruksi mesin mencapai 75 persen dari omzet tahun 2008. Pada tahun 1991 besar angka itu 52 persen saja. Dalam jangka waktu yang sama, kuota ekspor meningkat dari 50 persen ke 79 persen di industri kimia dan farmasi, dari 43 persen ke 74 persen di industri mobil, dan dari 31 persen ke 46 persen di industri kelistrikan. Secara keseluruhan, kuota ekspor mencapai hampir 40 persen, - bila ekspor jasa diikutsertakan bahkan 47 persen; dan andil Jerman dalam volume perdagangan dunia total mencapai 9 persen.

Emisi gas rumah-kaca
Sekitar dua pertiga dari “efek rumah-kaca” yang ditimbulkan manusia diakibatkan oleh emisi karbon dioksida (CO2). Gas yang mengganggu iklim itu dihasilkan pada proses pembakaran bahan bakar fosil, yaitu gas, minyak bumi dan batu bara. Semua bahan itu mengandung zat karbon (C) yang bersenyawa dengan oksida dari udara menjadi CO2. Melalui pemakaian bahan bakar fosil, atmosfer bumi setiap tahun dibebani dengan lebih dari 33,5 miliar ton CO2, demikian hasil studi Badan Energi Internasional (IAE). Gas rumah-kaca selain CO2 yang emisinya dibatasi oleh Pernyataan Kyoto ialah dinitrogen monoksida (N2O), metana, serta fluorkarbon hidrogen yang dihalogenasi, hidrokarbon yang diperfluorasi dan sulfur heksalfluorida.

Ero
Ero adalah mata uang Uni Moneter Eropa dan merupakan mata uang terpenting kedua setelah dolar AS dalam sistem moneter sedunia. Yang bertang­gung jawab untuk Ero dari segi politik keuangan ialah Bank Sentral Eropa yang berkeduduk­an di Frankfurt am Main, bersama dengan semua bank sentral nasional. Di enam belas di antara ke-27 negara anggota UE, Ero berlaku sebagai mata uang resmi. Di “zone Ero“, termasuk di Jerman, Ero mulai dipakai sebagai alat pembayaran tunai pada tanggal 1 Januari 2002. Sebelumnya, mata uang bersama itu sudah berfungsi sebagai mata uang untuk transaksi niaga dan perbankan sejak awal tahun 1999.

Festival
Di samping adanya beberapa festival musik klasik, musik kontemporer pun tampil di lebih dari 360 festival khusus serta dalam rangkaian konser dan produksi studio di gedung-­gedung opera. Donaueschinger Musiktage dianggap sebagai festival terpenting di dunia untuk karya musik terkini. Perkembangan baru dalam teater musik diperkenalkan dalam Biennale di München. Lembaga Musik Internasional di Darmstadt mengadakan “kursus liburan” yang termasyhur sebagai forum diskusi mengenai perkembangan terbaru dalam seni musik.

Film Jerman
Akhir-akhir ini penjualan karcis untuk film produksi Jerman semakin mengisi kas bioskop. Kembali ada bintang film yang menarik publik untuk pergi menonton: Namanya Til Schweiger, Alex­andra Maria Lara, Martina Gedeck, Julia Jentsch, Daniel Brühl dan Moritz Bleibtreu. Rasa percaya diri industri sinema yang telah meningkat tercermin dalam pendirian Akademi Perfilman Jerman pada tahun 2003. Deutsche Filmakademie itu setiap tahun menganugerahkan hadiah film Jerman yang dinamakan Lola. Di gelanggang internasional pun, film muda Jerman meraih sukses: Hadiah Oscar kedua untuk sebuah film cerita Jerman sejak pemberian trofi kepada Caroline Link tahun 2003 diberikan pada tahun 2007 kepada Florian Henckel von Donnersmarck untuk “Das Leben der Anderen”. Jochen Alexander Freydank meraih trofi itu tahun 2009 untuk “Spiel­zeugland” sebagai film pendek terbaik.

Fraunhofer-Gesellschaft
Himpunan Fraunhofer (FG) meng- adakan penelitian berorientasi pe- nerapan dengan menerima tugas dari perusahaan industri dan jasa serta dari instansi negara. Di se- jumlah tempat di seluruh Jerman, sekitar 17.000 karyawan bekerja di 80 lebih lembaga penelitian, di antaranya 60 Fraunhofer-Institut. Dana riset per tahun mencapai 1,5 miliar Ero. FG mempunyai cabang di Eropa, Amerika Serikat, Asia dan di Timur Tengah.

Gaya hidup generasi lanjut usia
Orang lanjut usia kini tidak hanya mencapai usia lebih tinggi, melainkan juga lebih sehat, lebih bugar dan lebih aktif daripada generasi-generasi sebelumnya. Mereka mapan secara ekonomi: Kelompok umur di atas 60 tahun memiliki hampir sepertiga dari daya beli total. Gaya hidup dari “generasi 50+” telah banyak berubah. Kira-kira setiap orang kedua memberi perhatian khusus kepada kebugaran, kesehatan dan kesegaran. Oleh karena itu kegiatan jasmani dan olahraga semakin dipentingkan: Setiap orang ketiga di kelompok usia 60 tahun ke atas berolahraga hampir setiap hari. Rasa segan untuk memakai internet pun telah hilang. Kalau kelompok usia 66–70 tahun dahulu masih merupakan minoritas sebagai pemesan barang lewat internet, kini mereka merupakan ke­lompok terbesar di antara peng­guna internet – demikian hasil sebuah studi Universitas Osnabrück.

Gregor Schöllgen
Ahli sejarah yang mengajar sejarah baru dan sejarah terkini pada Universitas Erlangen- Nürnberg; antara lain pernah menjadi guru besar tamu di Oxford, New York dan pada London School of Economics.

Grup musik Jerman
Di antara grup musik pop dan rock Jerman yang paling berhasil menjadi “barang ekspor” termasuk antara lain: Scooter, Seeed, Nena, Kraftwerk, Rammstein, Tokio Hotel, Juli dan Mia.

Hadiah Film Jerman
Sarana pokok yang dipergunakan pihak Federasi dalam menunjang film sebagai karya budaya ialah Hadiah Film Jerman yang telah diberikan sejak tahun 1951 untuk menghargai karya unggul dalam produksi film nasional. Florian Gallenberger, pemenang Hadiah Oscar kategori film pendek tahun 2001, meraih penghargaan yang sa­ngat diminati “Film cerita terbaik kelas emas” dengan memfilm­kan drama perang dunia “John Rabe”.
Hak asasi manusia
Pemerintah Federal Jerman sangat mementingkan penghargaan hak asasi manusia dan perluasannya di seluruh dunia. Bersama mitranya di UE diusahakannya secara konsekuen agar standar hak asasi dilin­dungi dan dikembangkan secara kontinu. Hal itu dilakukan dalam kerja sama erat dengan lembaga-lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa, khususnya kantor Komisaris Tinggi untuk Hak Asasi Manusia di Jenewa. Da-lam menjalankan kebijakan hak asasi, Jerman didorong oleh kewajiban konkret: Melindungi manusia terhadap pelanggaran hak dan kebebasan pokok mere-ka, dan menciptakan prasyarat yang menjamin bahwa penindas­an, kesewenang-wenangan dan eksploitasi tidak mungkin dilakukan lagi. Tekad tersebut bersumber pada konstitusi: Ayat 1 Grundgesetz menyebut hak asasi manusia sebagai dasar bagi setiap masyarakat serta perdamaian dan keadilan di dunia.

Heinrich August Winkler
Guru besar untuk sejarah terkini pada Humboldt-Universität di Berlin sejak 1991 sampai pensiun 2007, termasuk sejarahwan Jerman terkemuka. Melalui karyanya Der lange Weg nach Westen (Jalan Panjang Menuju Barat), Winkler meraih reputasi internasional.

Helmholtz-Gemeinschaft
Dengan 16 pusat riset, anggaran tahunan sebesar 2,8 miliar Ero lebih, dan 28.000 karyawan, Perkumpulan Helmholtz merupakan organisasi  terbesar di Jerman di bidang ilmu. Kegiatannya ditujukan kepada bidang-bidang energi, bumi dan lingkungan hidup, kesehatan, teknologi-teknologi kunci, susun­an materi, serta lalu lintas dan ruang angkasa.

Herfried Münkler
Mengajar ilmu politologi dan ­filosofi sosial pada Humboldt-Universität di Berlin. Peneliti­annya dititikberatkan pada ­sejarah gagasan politik.

Hessen
Ibu kota: Wiesbaden
Penduduk: 6.075.000
Luas dalam km²: 21 .114,72
PDB dalam miliar Ero: 204,28
www.hessen.de

Holocaust
Dengan kata holocaust disebutkan pembunuhan enam juta orang Yahudi Eropa yang dilakukan secara sistematis dan dengan prosedur birokratis yang menata sebuah industri maut yang bekerja dengan sempurna. Yang menjadi korban holocaust juga ialah orang Sinti dan Roma (Gipsy), orang homoseksual dan orang lain yang golongannya dianggap oleh rezim Nazi sebagai ”tidak diinginkan“ atau ”tidak layak hidup“. Dalam rangka program pemusnahan yang tak terbayangkan, orangorang itu dieksploitasi dalam pabrik maut dan kamp konsentrasi sambil dianiaya, dihina dan akhirnya dibunuh. Pembunuhan masal itu didahului oleh penyebaran ideologi rasistis dan antisemitis melalui propaganda, pencabutan hak-hak warga Yahudi secara bertahap, penyitaan milik mereka serta penempatan mereka di dalam perkampungan tertutup secara paksa. Yang terlibat dalam pelaksanaan holocaust tidak hanya semua organ negara, melainkan juga kaum elite dari angkatan bersenjata, industri, perbankan, ilmu pengetahuan dan kedokteran.

Ijazah akademis yang penting
Bachelor
Master
Diplom
Magister
Ujian Negara
Promosi

Inovasi
Industri otomotif menempati urutan pertama pada omzet yang dicapai dengan produk baru. Cabang industri itu menghasil­kan 27 persen dari omzet total yang dicapai oleh industri Jerman melalui inovasi produk. Dalam perbandingan dengan seluruh omzet industri otomotif, produk baru menghasilkan 52 persen. Dana yang dikeluarkan oleh industri Jerman untuk inovasi berjumlah 128 miliar Ero pada tahun 2008. Kurang lebih seperempat dari jumlah itu diinvestasi oleh industri otomotif.

Integrasi Eropa
Proses penyatuan Eropa termasuk di antara hal pokok yang difokuskan oleh politik luar negeri Jerman. Peranserta Jerman di dalam Eropa yang bersatu telah ditetapkan oleh Grundgesetz. Dengan diterimanya Bulgaria dan Rumania pada tahun 2007, jumlah negara anggota Uni Eropa bertambah menjadi 27. Perundingan mengenai keanggotaan telah dimulai dengan Turki dan Kroatia. Eksrepublik Yugoslavia Masedonia merupakan calon anggota resmi, sedangkan negaranegara lain di kawasan barat Balkan berstatus calon anggota potensial.

Investor asing
Perusahaan asing tertarik oleh aspek menguntungkan dari pasar­an Jerman: Sekitar 45.000 per­usahaan internasional bertempat usaha di sini, di antaranya ke-500 perusahaan terbesar di dunia. Pada tahun 2008, perus­ahaan asing menanamkan modal sebanyak 17 miliar Ero di Jerman. Volume investasi meningkat pada tahun yang sama dengan 28 persen menjadi 390 proyek. Antara tahun 2007 dan 2010, konglomerat telekomunikasi Spanyol Telefónica O2 Europe saja menanamkan modal sebesar 3 miliar Ero ke dalam perluasan prasarana perteleponan di Jerman, baik yang berbentuk jaring­an kabel maupun radiotelefoni. Tergolong di antara investor asing besar juga produsen chip dari Kalifornia, Advanced Micro Devices (AMD), yang telah menginvestasi lebih dari 6 miliar dolar AS untuk memperluas pabrik-pabrik chipnya di Dresden. Pada tahun 2009, Aabar Investments PJSC, sebuah perusahaan investasi dari Emirat Abu Dhabi, menjadi pemegang saham penting pada Daimler dengan menanamkan modal sebesar 1,95 miliar Ero.

ISAF
Angkatan Bersenjata Jerman, Bundeswehr, ikut serta dalam misi ISAF (Pasukan Pelindung Internasional untuk Afganistan) sejak tahun 2002. Misi itu bersifat operasi tempur. Dengan putusannya pada bulan April 1993/Juni 1994, Mahkamah Konstitusi Federal telah membuka jalan bagi Bundeswehr untuk turut serta dalam operasi seperti itu pula: mulai Desember 2004 berlaku undang-undang yang mengatur kompetensi Bundestag dalam kasus seperti ini. Dewasa ini ISAF ditugaskan oleh PBB untuk membantu Pemerintah Afganistan dalam pendidikan aparat keamanan, pelindungan penduduk sipil dan penciptaan lingkungan aman bagi pembangunan kembali.

Iuran kuliah
Sejak tahun 2007, negara bagian Baden- Württemberg, Bayern, Hamburg, Hessen, Niedersachsen, Nordrhein-Westfalen dan Saarland mengenakan iuran kuliah mulai semester pertama. Dalam kebanyakan hal, jumlahnya 500 Ero per semester. Ketujuh negara bagian ini menyediakan kredit pembiayaan studi yang dijamin negara.

Jerman sebagai negara studi
Dewasa ini sekitar dua juta orang berkuliah di perguruan tinggi, hampir separuhnya per­empuan (48 persen). Terdapat sekitar 370 perguruan tinggi, di antaranya 140 universitas dan perguruan tinggi dengan kewenangan promosi. Perguruan tinggi negeri merupakan institusi negara bagian. Di dunia internasional, Jerman termasuk di antara negara studi yang paling disukai di samping Amerika Serikat dan Inggris.

Jo Groebel
Pakar media ini bertugas sebagai Direktur Deutsches Digital-Institut di Berlin. Di samping itu Prof. Dr. Groebel mengajar ilmu komunikasi di Universitas Amsterdam.

Joachim Wille
bertugas sebagai pimpinan redaksi politik dan reporter pada surat kabar harian "Frankfurter Rundschau".

Josef Janning
Ahli ilmu politik dan pakar Eropa ini adalah anggota pengurus yayasan Bertelsmann-Stiftung.

Jürgen Hartmann
Profesor Dr. Jürgen Hartmann mengajar ilmu politik pada Helmut-Schmidt-Universität milik angkatan bersenjata Jerman (Bundeswehr) di Hamburg. Ia menulis sejumlah besar buku teks dan pengantar untuk berbagai subbidang ilmu politik.

Kalangan perupa
Tokoh perupa yang sudah mapan dan yang terkenal di dunia internasional antara lain pelukis-pelukis Gerhard Richter, Georg Baselitz, A. R. Penck, Jörg Immendorf, Anselm Kiefer, Markus Lüpertz dan Sigmar Polke. Di samping itu pemahat Ulrich Rückriem dan Jochen Gerz serta seniwati performance Rebecca Horn tergolong tokoh yang menonjol dalam seni rupa kontemporer.
Kanselir Federal
Kanselir dipilih oleh Bundestag atas saran presiden federal. Kepada kepala negara itu, kanselir federal menyarankan pengangkatan atau pemberhentian menterimenteri kabinet. Kanselir federal memimpin pemerintah federal berdasarkan anggaran rumah tangga yang disetujui oleh presiden federal. Ia menanggung tanggung jawab pemerintahan terhadap Bundestag dan memegang kuasa perintah dan komando atas angkatan bersenjata dalam kasus pertahanan.

Kantor berita
Kantor berita Jerman terbesar ialah Deutsche Presse-Agentur (dpa). Bersama AFP, Reuters dan AP, dpa tergolong kantor berita internasional terkemuka.

Kaum pemilih
Enam puluh dua juta warga ­Jerman berusia 18 tahun ke atas berhak ikut serta dalam pemilihan anggota Bundestag. Mayoritas pemilih ialah perempuan yang berjumlah 32 juta lebih. Dalam pemilihan Bundestag pada ­tahun 2009 terdapat 3,5 juta warga muda yang dapat menggunakan hak pilih mereka untuk pertama kali.

Keajaiban ekonomi
Istilah ”keajaiban ekonomi“ dipakai orang untuk menggambarkan pembangunan kembali sektor ekonomi yang berlangsung dengan cepat di Republik Federal Jerman setelah Perang Dunia II. Prasyaratnya adalah pembangunan kembali tempat-tempat produksi menurut standar teknik mutakhir, penggantian mata uang lama dengan D-Mark (1948) dan dukungan keuangan yang kuat oleh Amerika Serikat melalui Marshall Plan. Sampai akhir tahun lima puluhan, Jerman telah berkembang menjadi salah satu kekuatan ekonomi terkemuka.

Kebebasan pers dan kebebasan berpendapat
Kebebasan komunikasi di Jerman mencakup juga kewajiban instansi resmi untuk memberikan informasi kepada wartawan. Hukum pers diatur dalam undang-undang pers yang dikeluarkan oleh negara bagian. Di antara aturan standarnya termasuk kewajiban mencantumkan berita penerbit, kewajiban memelihara ketelitian jurnalistik, dan hak wartawan untuk menolak penyaksian. Badan yang berfungsi sebagai organ pengendalian intern untuk para penerbit dan wartawan ialah Deutscher Presserat (Dewan Pers Jerman) yang menangani pelanggaran terhadap wajib ketelitian dan terhadap etika.

Kebijakan ekonomi
Sesuai dengan sistem federal, penentuan dan koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan keuangan merupakan tugas bersama dari federasi, negara bagian dan komune. Mereka berkerja sama dalam berbagai badan. Di samping itu Pemerintah Federal menerima konsultasi dari pakar-pakar ilmu ekonomi yang independen. Setiap bulan Januari Pemerintah Federal mengajukan laporan ekonomi tahunan kepada Bundestag dan Bundesrat. Laporan kepada parlemen itu antara lain menguraikan sasaran yang dituju pemerintah di bidang ekonomi dan keuangan pada tahun yang bersangkutan, dan dasar kebijakan yang direncanakan untuk mencapai sasaran itu. Prasyarat yang harus dipenuhi agar kehidupan ekonomi di Jerman berfungsi dengan baik ialah persaingan bebas. Untuk melindunginya diberlakukan undang-undang antipembatasan persaingan.

Kebijakan energi dan iklim Eropa
Pada bulan Maret 2007, ketika Jerman memegang kepresidenan Dewan EU, Uni Eropa memasuki tahap baru di bidang politik energi dan proteksi iklim. Para kepala negara dan kepala pemerintah memutuskan untuk meningkatkan efisiensi energi UE sebanyak 20 persen sampai tahun 2020. Dalam kurun waktu yang sama, andil energi terbarukan pada konsumsi dinaikkan menjadi 20 persen, dan emisi gas rumah kaca dikurangi sebesar minimal 20 persen dibandingkan dengan tahun 1990 (“rumus 20-20-20”).

Kegiatan sosial
Keterlibatan generasi muda dalam kegiatan kemasyarakatan cukup tinggi di Jerman: 36 persen dari pemuda-pemudi berumur 14 -24 tahun menjadi sukarelawan. Mereka turut aktif khususnya di bidang olahraga, pengisian waktu luang dan penyelenggaraan acara, di lingkungan sekolah, budaya atau gereja, serta dalam regu pemadam kebakaran dan penyelamatan. Ada bidang tertentu yang bahkan tergantung dari peranserta anak muda, karena andil mereka begitu besar – hal itu misalnya terjadi di banyak perkumpulan olahraga. Separuh di antara para remaja aktif di perkumpulan, seperempat menjadi sukarelawan di organisasi kemasyarakatan besar, khususnya di gereja-gereja.

Kelompok setempat
Sejumlah tertentu perusahaan yang memilih lokasi yang saling berdekatan, dinamakan kelompok setempat (cluster). Kelompok setempat ialah jaringan produsen, pabrik komponen dan lembaga penelitian yang dibentuk di sekitar rangkaian penghasil produk. Khususnya dalam hubungan dengan teknologi masa depan, kelompok setempat dianggap sebagai penggerak inovasi. Kelompok setempat yang telah meraih sukses antara lain industri mobil di Baden-Württemberg, konsentrasi perusahaan di bidang teknik kedokteran di Tuttlingen, ”kawasan chip“ di Dresden, atau kelompok setempat industri bioteknologi di daerah Berlin dan Brandenburg, daerah yang termasuk tempat penelitian dan penerapan ilmu biologi terkemuka di Jerman.

Kemitraan Transatlantik
Kemitraan trans-Atlantik merupakan dasar keamanan Jerman dan keamanan Eropa. Bagi keamanan Jerman, hubungan yang erat dan berjiwa saling percaya dengan Amerika Serikat tetap sangat penting artinya. Namun sifat kemitraan trans-Atlantik jauh melampaui persekutuan yang menyangkut bidang politik dan militer saja. Hubungan erat dengan AS telah berkembang dalam sejarah dan berakar dalam budaya bersama. Kebersamaan nilai dan kepentingan yang mendalam terungkap dalam hubungan tersebut yang mencakup pula unsur ekologis melalui Jembatan Iklim Trans-Atlantik.

Kenaikan usia harapan hidup
Pada awal abad ke-20, usia harapan hidup rata-rata masih berkisar sekitar 46 tahun. Sekarang, seorang anak laki-laki yang baru lahir dapat mengharapkan akan mencapai usia 77 tahun, seorang anak perempuan bahkan 82 tahun.

Kerajaan Romawi Suci
Penobatan Otto I sebagai kaisar pada tahun 962 merupakan titik awal berkembangnya negara Jerman dari Kerajaan Franken Timur. Nama negara yang sejak tahun 1512 resmi berbunyi ”Kerajaan Romawi Suci Bernasion Jerman“, di satu pihak mengungkapkan tuntutan kekuasaan sebagai pengganti ”Imperium Romanum“ pada zaman antik, di pihak lain menekankan peran sakral lembaga kekaisaran. Reich itu berdiri selama delapan abad lebih, sampai Franz II dari Habsburg meletakkan mahkota kekaisaran pada tahun 1806 atas tuntutan Napoleon. Tidak lama sebelumnya telah dibentuk Serikat Rhein.

Kewenangan budaya dari negara bagian
Di Jerman, bidang kebudayaan merupakan inti dari status kenegaraan mandiri ke-16 negara bagian. Kewenangan di bidang budaya yang diberikan kepada Federasi oleh undang-undang dasar bersifat terbatas. Oleh karena itu, kebanyakan institusi budaya dipelihara oleh negara bagian dan komune. Di kota-­kota yang tidak begitu besar pun terdapat acara budaya bertaraf internasional.

Klausul penghalang
Dalam pembagian kursi di Bundestag hanya dapat diperhitungkan partai yang telah melampaui batas perolehan paling sedikit lima persen dari jumlah suara, atau yang memperoleh minimal tiga kursi melalui pemberian suara pertama/ langsung di distrik pemilihan.

Koalisi
Sejak pemilihan Bundestag yang pertama pada tahun 1949, di Jerman telah dibentuk 22 ­pemerintahan koalisi. Yang bertahan cukup lama di antara gandengan tersebut misalnya koalisi antara partai sosialis-­demokrat SPD dan partai liberal FDP dari 1969 sampai 1982, ­koalisi antara CDU/CSU dan FDP dari 1982 sampai 1998 dan sejak 2009, serta apa yang disebut koalisi merah-hijau antara SPD dan Partai Hijau dari 1998 sampai 2005. Pemerintah Jerman ­dewasa ini berbentuk koalisi antara CDU/CSU dan FDP.

Komisi Eropa
Komisi Eropa yang berkeduduk­an di Brussel merupakan organ supranasional yang bersifat independen di bidang politik dan bertugas mewakili dan memelihara kepentingan UE sebagai keseluruhan. Komisi UE memiliki hak usulan (hak inisiatif) yang menyangkut segala materi hukum bersama. Selaku “penjaga perjanjian” diawasinya penaat­an peraturan hukum UE. Di samping itu Komisi UE memiliki kewenangan eksekutif, misalnya di bidang anggaran belanja atau hukum kartel, dan mewakili kepentingan Uni Eropa di dunia luar. Komisi Eropa dipimpin oleh Presiden Komisi, jabatan yang dipegang sejak tahun 2004 oleh José Manuel Barroso. Setiap negara anggota UE terwakili de­ngan satu orang anggota Komisi.

Komisi-komisi
Komisi-komisi Bundestag merupakan organ dari parlemen ­sebagai keseluruhan. Dalam masa legislasi ke-17 telah dibentuk 22 komisi permanen. Yang ­harus dibentuk menurut ­undang-undang dasar ialah ­komisi-komisi urusan luar negeri, Uni Eropa, pertahanan, dan ­komisi petisi. Komisi bertugas mempersiapkan perdebatan Bundestag. Dengan dihadiri oleh wakil pemerintah dan wakil Bundesrat, komisi membahas ­rancangan undang-undang dan mencoba menjembatani ­perbedaan pendapat antara ­pemerintah dan oposisi sedapat mungkin.

Konrad Adenauer (1876–1967)
Tokoh dari Uni Demokrat Kristen ini adalah kanselir pertama Republik Federal Jerman. Pemerintah Federal dipimpinnya dari tahun 1949 hingga 1963. Melalui haluan politik orientasi ke Barat yang diikutinya secara konsekuen, Adenauer memungkinkan integrasi Jerman ke dalam komunitas negara internasional, pakta NATO dan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). Pencapaian lain Adenauer mencakup rekonsiliasi dengan Perancis dan usahanya ke arah rekonsiliasi dengan Israel.

Konsentrasi media
Meskipun jenis judul dan produk penerbitan sangat bervariasi, jumlah penerbit pers yang berdiri sendiri telah menurun secara kontinu sejak pertengahan tahun 50-an. Di beberapa pasaran regional, penerbit yang kuat di bidang ekonomi dan teknik telah menggeser pesaingnya. Akibat perkembangan ekonomi di pasaran pers telah terbentuk perusahaan penerbitan yang besar. Sebagai penerbit besar di bidang surat kabar harian patut disebut Axel-Springer-Verlag yang menguasai pangsa pasar sebesar kurang lebih 40 persen untuk iklan di koran.

Konvensi Dasar Mengenai Iklim
Di seluruh dunia, hanyalah Konvensi Dasar Mengenai Iklim dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFCCC) dan Pernyataan Kyoto yang mengacu kepadanya merupakan satu-satunya peraturan pelestarian iklim yang mempunyai kekuatan hukum internasional. Ke-192 negara peserta konvensi dasar itu bertemu setiap tahun dalam Konferensi Iklim PBB. Pertemuan paling terkenal di antara konferensi berkala itu berlangsung pada tahun 1997 di Kyoto, Jepang, dengan menghasilkan Pernyataan Kyoto. Dalam dokumen itu, pengurangan emisi gas rumah-kaca dari semua negara industri ditetapkan pada tingkat tertentu – reduksi rata-rata ditargetkan pada 5,2 persen. Dewasa ini berlangsung “proses pasca-Kyoto” sebagai forum perundingan yang mencakup juga negara berkembang dan negara transisi. Pokok pembicaraan ialah kebijakan pelestarian iklim dalam tahun-tahun sesudah 2012.

Kota Bebas dan Kota Hansa Hamburg
Ibu kota: Hamburg
Penduduk: 1 .754.000
Luas dalam km²: 755,16
PDB dalam miliar Ero: 86,15
www.hamburg.de

Kota Hansa Bebas Bremen
Ibu kota: Bremen
Penduduk: 664.000
Luas dalam km²: 404,23
PDB dalam miliar Ero: 25,31
www.bremen.de

Krisis ekonomi dan keuangan
Jerman tidak terlepas dari krisis yang melanda seluruh dunia.Pada tahun 2009 produk domestik bruto menyusut sebanyak lima persen. Dampak krisis terutama dirasakan oleh industri konstruksi mesin dan instalasi pabrik yang berorientasi pada ekspor. Dengan mulai berlakunya undang-undang penstabilan pasar keuangan pada akhir 2008 tersedia alat penyelamat yang meringankan konsekuensi krisis. Melalui program konyungtur di­stabilkan permintaan barang di dalam negeri; angka tempat kerja yang terisi pada dasarnya tetap konstan. Berkat tindakan seperti pemberlakuan jam kerja fleksibel serta “jam kerja pendek”, sekitar 1,2 juta tempat kerja dapat dipertahankan (2009). Menurut proyeksi, perekonomian akan mulai tumbuh lagi tahun 2010. Ada satu konsekuensi krisis yang akan berpengaruh tetap: Volume utang baru dari negara mening­kat menjadi 80,2 miliar Ero (2010).

Laporan Tahunan Pemerintah Federal Mengenai Keadaan Persatuan Jerman
Dalam Laporan Tahunan itu dite­rangkan kebijakan pemerintah perihal “pembangunan di Jerman bagian ­timur“ dalam semua sektor politik yang penting. Penyusunannya terletak di tangan menteri dalam negeri yang bertugas juga sebagai penjabat pemerintah federal untuk negara bagian baru. Semua data relevan mengenai arah perkembangan di ­bidang ekonomi dan kemasyara­katan termuat dalam laporan itu.

Leibniz-Gemeinschaft
Gottfried Wilhelm Leibniz (1646–1716) termasuk tokoh terakhir yang tergolong ilmuwan universal. Semangat universal itu tercermin pula dalam spektrum ilmiah ke-86 Leibniz-Institut. Jang­kauan lembaga itu dari humaniora dan ilmu ekonomi sampai ke matematika. Fokusnya pada penelitian dasar yang berorientasi terapan. Lembaga-lembaga Leibniz merupakan tempat kerja bagi lebih dari 14.000 orang. Anggaran totalnya berjumlah satu miliar Ero lebih.

Mahkamah Konstitusi Federal
Mahkamah yang berkedudukan di Karlsruhe itu mempunyai dua senat dengan masing-masing delapan hakim yang dipilih untuk separuhnya oleh Bundestag dan separuhnya lagi oleh Bundesrat. Setelah menjalani masa jabatan yang berjumlah dua belas tahun, hakim tidak dapat dipilih kembali.

Martin Spiewak
Wartawan, redaktur bidang ilmu pada surat kabar mingguan ”Die Zeit“

Masakan Jerman
Tidak ada “masakan Jerman” yang seragam, melainkan sejum­lah besar masakan khas daerah. Juru masak terkemuka di Jerman pun mengembangkan masakan daerah. Buku panduan gastronomi “Guide Michelin“ edisi 2010 memberikan tanda bintangnya kepada lebih dari 200 restoran Jerman. Setelah Perancis, Jermanlah yang memiliki paling banyak restoran berbintang tiga. Banyak penikmat masakan mewah ditemukan di Berlin dan Hamburg. Termasuk di antara juru masak terkemuka Jerman antara lain Harald Wohlfahrt dan Dieter Müller. Sejak tahun 2009 Juliane Caspar dari Jerman menjadi kepala redaksi “Guide Michelin“ terbitan Pe­rancis sebagai perempuan dan orang asing pertama.

Max-Planck-Gesellschaft
Perhimpunan Max Planck (MPG) didirikan tanggal 26 Februari 1948 sebagai organisasi pengganti Kaiser-Wilhelm-Gesellschaft zur Förderung der Wissenschaften (Himpunan Kai- sar Wilhelm untuk Pemajuan Ilmu- Ilmu) yang didirikan tahun 1911. Lembaga-lembaga Max Planck me- lakukan riset dasar di bidang ilmu alam, biologi, ilmu non-eksakta dan ilmu sosial. Bersama sejumlah uni- versitas mitra, MPG telah mendiri- kan Max-Planck-Research-Schools yang berorientasi internasional. Se- paruh di antara para calon doktor yang diterima di ke-55 sekolah pascasarjana tersebut berasal dari luar negeri.

Mecklenburg-Vorpommern
Ibu kota: Schwerin
Penduduk: 1 .694.000
Luas dalam km²: 23.174,17
PDB dalam miliar Ero: 32,51
www.mecklenburg-vorpommern.de

Menteri Negara Kebudayaan dan Media
Karena kebudayaan di Jerman merupakan urusan negara bagian, tidak ada kementerian kebudayaan pada tingkat federal. Kegiatan budaya Federasi dikoordinasi oleh seorang menteri negara.

Nasionalsosialisme
Aliran nasionalsosialis berasal dari sebuah gerakan yang berorientasi kebangsaan, antisemitisme dan nasionalisme. Sejak tahun 1920, gerakan tersebut terorganisasi dalam Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP – Partai Nazi). Ciri-ciri utama ideologi nasionalsosialis adalah rasisme, khususnya antisemitisme dan klaim akan adanya ras Aria yang unggul, darwinisme sosial yang membenarkan eutanasia dan eugenika, totalitarisme dan penolakan demokrasi, ”pengarahan rakyat“ sesuai dengan prinsip pemimpin tunggal, militarisme, chauvinisme dan ideologi mengenai ”kebersamaan bangsa“ yang didasarkan atas faktor biologis, imperialisme yang memakai kedok ”politik Lebensraum“, dan pendalangan media propaganda untuk menciptakan basis dalam massa.

Naturalisasi
Dengan memenuhi persyarat­an tertentu, migran yang tinggal di Jerman secara tetap dapat memohon kewarganegaraan Jerman. Pada tahun 2008 ada 94.500 warga asing yang di­naturalisasi. Pada pemilihan umum untuk Bundestag 2009, seluruhnya 5,6 juta eks imigran yang telah menjadi warga negara Jerman mem­punyai hak pilih.

Negara bagian baru
Sebagai “negara bagian baru“ disebut kelima negara Brandenburg, Mecklenburg-Vorpommern, Sachsen, Sachsen-Anhalt dan Thüringen. Pendiriannya kembali dilakukan dengan ­undang-undang restrukturasi daerah RDJ tanggal 22 Juli 1990 yang mengubah RDJ yang tadinya bertata negara sentralistis menjadi negara federasi. Berlin Timur pun mendapat ­status negara bagian. Pada saat reunifikasi, negara bagian Berlin yang memiliki status daerah ­istimewa di RFJ diperluas ­dengan Berlin Timur.

Negara federasi
Republik Federal Jerman terdiri dari 16 negara bagian. Kekuasaan negara dibagi antara negara sebagai keseluruhan, yaitu federasi, dan negara bagian. Setiap negara bagian memiliki kekuasaan negara tersendiri, walaupun kekuasaan itu terbatas.

Negara sosial
Di Jerman, negara sosial memiliki tradisi panjang. Undang-undang mengenai asuransi kesehatan wajib dikeluarkan pada tahun 1883, mengenai asuransi kecelakaan 1884, dan mengenai asuransi keinvalidan dan purnakarya pada tahun 1889. Pada waktu itu hanya 10 persen penduduk dilindungi oleh asuransi-asuransi tersebut; sekarang jumlahnya mencapai sekitar 90 persen.

Negara sosial
Prinsip negara sosial ditetapkan oleh Pasal 20 Undang-Undang Dasar RFJ dan tidak dapat dibatalkan, biarpun melalui perubahan terhadap konstitusi tersebut. Ketetapan itu berarti bahwa undang-undang-dasar mewajibkan negara untuk menjamin dasar eksistensi materiil warganya di samping ruang kebebasannya. Dalam pada itu setiap warga harus ikut bertanggung jawab atas jaminan sosialnya sendiri.

Niedersachsen
Ibu kota: Hannover
Penduduk: 7.983.000
Luas dalam km²: 47.618,24
PDB dalam miliar Ero: 197,09
www.niedersachsen.de

Nordrhein-Westfalen
Ibu kota: Düsseldorf
Penduduk: 18.029.000
Luas dalam km²: 34.083,52
PDB dalam miliar Ero: 501,71
www.nordrhein-westfalen.de 


Orang tua tunggal
Orang tua yang mengasuh anak dalam 1,6 juta lebih keluarga hanya seorang saja. Dalam lebih dari 90 persen kasus seperti itu, orang tua tunggal adalah ibu. Banyak di antara mereka tidak bekerja atau mendapat pekerjaan paruh waktu saja. Antara lain untuk memudahkan orang tua tunggal mendapat mata pencaharian tetap, pengasuhan anak sehari penuh, artinya di luar jam taman kanak-kanak dan sekolah, akan ditingkatkan, begitu juga fasilitas asuhan anak di bawah tiga tahun.
Orkes
Di Jerman terdapat kurang lebih 140 orkes profesional, yang paling terkemuka di antaranya Orkes Filharmoni Berlin pimpinan Sir Simon Rattle, Staatskapelle Berlin yang dipimpin Daniel Barenboim, Gewandhausorchester Leipzig pimpinan Riccardo Chailly, Bamberger Symphoniker di bawah pimpinan Jonathan Nott, dan Orkes Filharmoni München yang dipimpin Christian Thielemann.

Otto von Bismarck (1815–1898)
Penyatuan Jerman di bawah hegemoni Prusia menjadi tujuan politik Bismarck sejak negarawan itu diangkat sebagai perdana menteri Prusia oleh Raja Wilhelm I pada tahun 1862. Seusai perang melawan Austria pada tahun 1866 dan dibubarkannya Serikat Jerman, didirikan Serikat Jerman Utara yang diikuti oleh 17 negara kecil Jerman di bawah pimpinan Prusia. Menyusul kemenangan dalam perang melawan Perancis 1870-71 didirikan Kerajaan Jerman Kedua, dan Wilhelm I diproklamasikan sebagai kaisar di Versailles. Bismarck tetap menjabat sebagai perdana menteri, tetapi sekaligus menjadi kanselir Kerajaan Jerman. Sebagai lembaga baru dibentuk dewan perwakilan rakyat, Reichstag, yang dipilih langsung, tetapi hak legislatifnya masih terbatas. Secara gigih Bismarck menentang liberalisme kiri, gerakan politik umat Katolik dan partai sosialis demokrat. Di lain pihak diciptakan undang-undang jaminan sosial yang paling progresif di Eropa atas usahanya selama tahun 1880-an. Konflik berat dengan Kaisar Wilhelm II yang naik takhta pada tahun 1888 memuncak dalam pemecatan sang ”Kanselir Besi“ pada tahun 1890.

Parlemen Eropa
Parlemen Eropa merupakan organ perwakilan rakyat Uni Eropa. Dewan tersebut kini beranggotakan 754 orang yang dipilih langsung oleh penduduk ke-27 negara anggota UE untuk jangka waktu lima tahun. Berdasarkan jumlah penduduknya, setiap negara anggota UE mendapat jatah kursi tertentu. Jerman sebagai negara anggota UE terbesar mengutus 99 anggota. Parlemen Eropa berwenang memutuskan undang-undang dan anggaran belanja, dan memiliki kewenangan kontrol, te­tapi tidak memiliki hak inisiatif dalam legislasi. Tempat keduduk­an parlemen ialah Strasburg; di samping itu ada tempat kerja di Brussel dan Luksemburg.

Pasaran buku
Budaya buku dan budaya membaca masih tetap memegang kedudukan tinggi di Jerman. Pada tahun 2008, pasaran buku Jerman menghasilkan omzet sebesar 9,6 miliar Ero. Kenaikan hasil usaha yang tinggi terutama dicapai oleh toko buku online. Omzet melalui internet pada tahun 2008 diperkirakan mencapai satu miliar Ero lebih, yang berarti kenaikan sebesar 20 persen dibandingkan dengan tahun rekor 2007. Di Jerman terdapat lebih dari 4.000 toko buku dan 8.800 perpustakaan umum. Kota yang menjadi tempat kedudukan banyak penerbit ialah München, Berlin, Frankfurt am Main, Stuttgart, Köln dan Hamburg.

Paulskirche, 1848
Antara Maret 1848 dan musim panas 1849 terjadilah ”Revolusi Maret“ di Jerman. Sifatnya pergerakan warga ke arah demokrasi dan kebangsaan, seperti yang berlangsung pada saat yang sama di berbagai kawasan lain di Eropa. Gerakan itu merupakan percobaan pertama untuk menciptakan negara Jerman yang merdeka, demokratis dan bersatu. ”Revolusi Jerman“ itu memaksa dibentuknya pemerintah-pemerintah liberal dan dilaksanakannya pemilihan umum untuk pembentukan dewan konstituante nasional. Dewan itu bersidang di Paulskirche (Gereja Paulus) di Frankfurt am Main. Sampai bulan Juli 1849, pergerakan itu ditumpaskan oleh pasukan raja-raja Jerman, kemudian keadaan lama dipulihkan untuk sebagian besar.

Pekan Raya Buku Internasional Frankfurt
Pekan raya buku yang diselenggarakan setiap bulan Oktober di Frankfurt am Main merupakan peristiwa paling menonjol di dunia perbukuan internasional. Acara puncaknya ialah penganugerahan Hadiah Perdamaian Asosiasi Niaga Buku Jerman. Tokoh yang pernah menerimanya antara lain Václav Havel, Jorge Semprún dan Susan Sontag. Di samping itu dilembagakan Hadiah Perbukuan Jerman yang diserahkan pada pembukaan Pekan Raya Buku Frankfurt sebagai penghargaan untuk novel terbaik dalam bahasa Jerman.

Pembahasan masa lalu secara kritis
Dalam rangka revolusi secara damai pada tahun 1989/1990, kantor-kantor dinas keamanan negara RDJ – disingkat Stasi – diduduki oleh demonstran yang memak­sakan pembubaran aparat penindasan itu. Kemauan dari warga serta parlemen RDJ yang kemudian dipilih secara bebas membuka jalan untuk mengamankan berkas-berkas Stasi dan memeriksanya secara terkontrol. Pada tahun 1991 Undang-Undang Mengenai Berkas Stasi mulai berlaku. Sejak waktu itu “Komisaris Federal untuk Dokumen Dinas Keamanan Negara Bekas RDJ“ turut menyumbang demi pembahasan kediktatoran partai SED dari segi sejarah, politik, hukum dan kemasyarakatan. Telah diajukan sekitar 6,4 juta permohon­an warga yang meminta informasi dan yang ingin membaca atau memiliki berkas mengenai dirinya. Di Jerman dan juga di luar negeri, lembaga yang dipimpin oleh Komisaris tersebut sudah menjadi lambang bagi pembahasan rezim diktatoris dan akibatnya.

Pembatasan izin masuk
Karena jumlah peminat sejumlah bidang studi melebihi kapasitas perguruan tinggi, sudah lama diberlakukan numerus clausus, yaitu pembatasan izin masuk yang mencakup seluruh RFJ. Mulai tahun 2005 dipakai sistem kuota yang dikenal dengan rumusan ”aturan 20-20-60“ untuk pembagian tempat studi dalam disiplin yang kena numerus clausus tersebut. Menurut sistem baru itu, 20 persen tempat studi diberikan kepada lulusan sekolah lanjutan atas yang mendapat nilai terbaik. Mereka boleh memilih sendiri perguruan tinggi yang diinginkan. 20 persen lagi dibagikan menurut masa tunggu yang sudah dilewati calon mahasiswa. Untuk pengisian 60 persen dari tempat studi yang tersedia, perguruan tinggi dapat melengkapi nilai ujian dengan kriteria sendiri.

Pembelahan dan reunifikasi
Awal sejarah Jerman yang terbelah diakibatkan oleh Perang Dunia II yang dicetuskan oleh Jerman dan oleh kapitulasi pada tahun 1945. Pembelahan itu dikukuhkan pada tahun 1949 dengan pendirian Republik ­Federal Jerman (negara hukum yang demokratis) dan Republik Demokrasi Jerman, RDJ (negara buruh dan petani sosialis menu­rut model Uni Sovyet). Sebagai hasil revolusi secara damai oleh penduduk RDJ, Tembok Berlin diruntuhkan pada tanggal 9 November 1989. Persatuan Jerman menurut hukum negara dipulih­kan pada tanggal 3 Oktober 1990.

Pembentukan fraksi
Fraksi dapat dibentuk oleh kelompok anggota Bundestag yang besarnya minimal lima persen dari jumlah anggota keseluruhan dan yang berasal dari partai yang sama, atau berasal dari partaipartai yang berhaluan sama dan yang tidak bersaing di salah satu negara bagian. Sesuai dengan besarnya fraksi diperhitungkan pula jumlah kursi mereka di dalam komisi-komisi dan di dewan senior.

Pemerintah Federal
Kanselir federal bersama para menteri federal membentuk Pemerintah Federal Jerman atau kabinet. Yang berlaku di samping kewenangan kanselir untuk menentukan garis besar kebijakan politik, ialah prinsip resor. Artinya, para menteri memimpin lingkungan kerja masing-masing secara mandiri dengan mengikuti garis besar tersebut. Prinsip kedua yang berlaku ialah prinsip kolegialitas. Berdasarkan prinsip itu, pemerintah federal menyelesaikan perbedaan pendapat melalui keputusan mayoritas. Urusan kabinet dipimpin oleh kanselir.

Pemilihan umum
Empat tahun sekali partai-partai mengajukan calonnya untuk ­dipilih menjadi anggota Bundestag. Menurut tradisi di Jerman, partisipasi pemilih cukup besar. Setelah mencapai 90 persen ­lebih pada fase puncaknya di dasawarsa 1970-an, partisipasi itu berkisar sekitar 80 persen setelah unifikasi Jerman. Namun dalam pemilihan umum untuk Bundestag Jerman ke-17 pada tanggal 27 September 2009 ­tercatat partisipasi sebesar 70,8 persen saja dari warga yang berhak pilih.

Penelitian di perguruan tinggi
Sesuai dengan prinsip ”Persatuan dari penelitian dan pengajaran“, universitas Jerman tidak hanya menjadi lembaga pendidikan bagi peserta kuliah, melainkan juga tempat penelitian ilmiah bertaraf tinggi. Prasyarat yang memungkinkan posisi itu ialah kerja sama yang intensif antara ilmuwan dan lembaga penelitian di dalam dan di luar negeri. Universitas menerima dana dari anggaran belanja negara, dari yayasan, atau dari pihak ketiga yang membiayai riset tertentu.

Pengarang
Melalui karya pengarang muda yang berasal dari keluarga imigran, sastra dan bahasa Jerman diperkaya dengan tema-tema dan impuls baru. Termasuk di antara mereka Ilija Trojanow, Wladimir Kaminer, Sasa Stanisic, Terézia Mora atau Feridun Zaimoglu.

Penggantian biaya kampanye pemilihan
Restitusi ini merupakan sebagian dari pembiayaan partai yang bersumber pada iuran anggota, pendapatan dari harta milik partai, sumbangan, serta tunjangan negara. Partai-partai menerima jumlah uang tertentu sebagai ganti pengeluaran untuk kampanye pemilihan umum. Jumlah tersebut diperhitungkan menurut jumlah suara yang diperoleh dan jumlah iuran dan sumbangan yang diberikan kepada partai yang bersangkutan.

Penggunaan media
Berbagai jenis media digunakan oleh orang Jerman selama kurang lebih sepuluh jam per hari. Arti penting Internet telah meningkat.
  • Televisi 173 menit
  • Radio 167 menit
  • Internet 148 menit
  • Surat kabar harian 42 menit
  • Majalah 30 menit
  • Buku 27 menit

Penginternasionalan
Dewasa ini sekitar 240.000 mahasiswa asing berkuliah di perguruan tinggi di Jerman; setiap orang keempat di antara- nya sebelumnya meraih ijazah yang memberi hak masuk perguruan tinggi di Jerman pula. Di lain pihak 85.000 warga Jerman berkuliah di mancanegara. Negara studi yang paling disukai mereka ialah Belanda, Inggris, Austria dan Swis.

Perang Dunia Kedua
Pada tanggal 1 September 1939 pukul 4.45, Hitler menyerang Polandia, negara tetangga Jerman, secara mendadak dan tanpa pernyataan perang. Inggris dan Perancis segera bereaksi dengan menyatakan perang terhadap Jerman. Telah dimulai Perang Dunia II yang akan mengakibatkan 60 juta korban jiwa. Jumlah korban terbesar terdapat di Uni Sovyet, yang kehilangan sekitar 25 juta jiwa. Kegagalan strategi Blitzkrieg di depan Moskwa dan masuknya Amerika Serikat dalam perang mengakhiri politik ekspansi Jerman dan sekutunya yang membabi-buta itu. Pada tanggal 7 Mei 1945, Karl Dönitz sebagai pengganti Hitler memberi kewenangan kepada kepala staf gabungan angkatan bersenjata Jerman, Jenderal Alfred Jodl, untuk menandatangani kapitulasi Jerman yang menyeluruh dan tak bersyarat di markas besar tentara sekutu di Reims (Perancis).

Perang Dunia Pertama
Pada tahap pertama, Perang Dunia I (1914-1918) berlangsung antara Kerajaan Jerman dan Austria-Hongaria di satu pihak dan negara-negara entente, yaitu Perancis, Inggris, Rusia dan Serbia, di pihak lain. Kemudian beberapa negara lain di Eropa, Asia, Afrika dan Amerika ikut serta dalam perang itu, di antaranya Amerika Serikat yang keterlibatannya sejak tahun 1917 menjadi faktor penentu. Hampir 15 juta jiwa menjadi korban perang itu. Kekalahan militer Kerajaan Jerman diikuti dengan perombakan di bidang politik. Sebagai akibat revolusi yang terjadi pada bulan November 1918, Kaisar Wilhelm II menandatangani pernyataan turun-takhta. Monarki diganti oleh republik.

Peringkat universitas
Universitas tertua:
Ruprecht-Karls-Universität,Heidelberg, didirikan 1386
Universitas terbesar:
Ludwig-Maximilians-Uni­versität, München, dengan 44.400 mahasiswa
Universitas paling menarik bagi peneliti internasional terkemuka:
Untuk bidang ilmu alam ialah Universitas Teknik München, menurut pemeringkatan
universitas oleh Alexander-von-Humboldt-Stiftung
Perguruan Tinggi yang unggul di bidang penelitian:
RWTH Aachen, menurut pemeringkatan DFG perihal proyek. DFG mengelola proyek penelitian RWTH senilai 257 juta Ero yang dibiayai oleh pihak ketiga.

Perjanjian antargenerasi
Pengertian itu dipakai untuk menyebutkan sistem pembiayaan dari asuransi-wajib purnakarya: Berdasarkan pola pembagian di antara peserta asuransi, orangorang yang bekerja sekarang membayar uang purnakarya bagi generasi pensiunan melalui iuran yang mereka setor, dengan mengharapkan bahwa generasi penerus nantinya akan membayar uang purnakarya bagi mereka pula. Undang-undang pertama mengenai asuransi wajib untuk jaminan hari tua telah dikeluarkan pada tahun 1889. Sementara ini sekitar 80 persen penduduk yang bekerja adalah anggota asuransi-wajib purnakarya. Di samping iuran yang dibayar oleh pekerja dan majikan, sistem ini dibiayai pula oleh subsidi dari Federasi. Sejak tahun 2002, uang purnakarya dari asuransi wajib dilengkapi dengan asuransi hari tua privat yang terjamin oleh modal dan didukung oleh negara.Jaminan hari tua untuk pegawai negeri dan penyandang profesi bebas ditanggung oleh dana pensiun dan asuransi lain.

Perjanjian Dua-plus-Empat
Dengan sebutan singkat itu dinamakan ”Peraturan Final Menyangkut Jerman“ yang diikat di Moskwa pada tanggal 12 September 1990 antara kedua negara Jerman dan keempat negara pemenang Perang Dunia II (Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Uni Sovyet) untuk mengamankan reunifikasi Jerman dari segi politik luar negeri. Melalui perjanjian tersebut dipulihkan kedaulatan negara Jerman secara penuh. Perbatasan Jerman dengan negaranegara tetangga diakui sebagai garis perbatasan final, dan Jerman melepaskan tuntutan atas wilayah tertentu yang termasuk wilayah Jerman sebelum perang.

Perjanjian Dua-plus-Empat
Di bidang politik luar negeri, reunifikasi hanya dapat dicapai melalui persetujuan negara-negara pemenang Perang Dunia II. Pada konferensi “Open Skies“ dari negara ­anggota NATO dan Pakta Warsawa pada bulan Februari 1990 di Ottawa, Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Republik Federal Jerman menyepakati kerangka untuk perundingan mengenai Jerman. “Pembicaraan Dua-plus-­Empat“ mengenai prosedur persatuan dimulai pada tanggal 5 Mei 1990 di Bonn. Pesertanya para menteri luar negeri kedua negara Jerman dan “Keempat Penguasa“ (Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Uni Sovyet). Melalui Perjanjian Dua-plus-Empat yang diikat pada tanggal 12 September 1990 di Moskwa, Jerman yang bersatu memperoleh kedaulatan penuh.

Persamaan hak
Di Jerman, persamaan hak terjamin oleh undang-undang dasar, dan larangan diskriminasi berdasarkan kelamin dalam hal kondisi kerja dan imbalan kerja tertera dalam undang-undang. Di samping itu ada sejumlah undang-undang yang menjamin hak-hak kaum perempuan. Jerman aktif juga di dalam jaringan lembaga pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat yang memperjuangkan persamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan. Dengan diterapkannya apa yang disebut pengarusutamaan gender, kebijakan perempuan diintegrasikan sebagai tugas melintang di semua resor dan instansi. Dengan demikian, negara memegang peranan aktif dalam menciptakan kondisi hidup yang sama bagi lakilaki dan perempuan. Tindakan itu telah membawa hasil: Dalam Indeks GEM terbitan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengukur partisipasi perempuan dalam kehidupan ekonomi dan politik, Jerman menempati peringkat 9, berarti termasuk negara paling maju di dunia di bidang itu.

Persatuan Jerman
Berkat pembukaan Tembok ­Berlin tahun 1989 dimungkinkan reunifikasi, hal yang telah dinyatakan sebagai tujuan konsti­tusional Republik Federal Jerman dalam mukadimah undang-­undang dasar. Akan tetapi untuk menghapuskan status quo ­kedua negara Jerman tidak ­hanya diperlukan revolusi secara damai, melainkan terutama kesediaan keempat negara ­pemenang Perang Dunia II untuk membuka jalan menuju reunifikasi melalui Perjanjian Dua-plus-Empat.

Perserikatan Bangsa-Bangsa
Jerman menjadi anggota PBB sejak tahun 1973. Untuk tahun 2011/12, Republik Federal Jerman mencalonkan diri untuk keduduk­an tidak permanen dalam Dewan Keamanan PBB. Dengan pencalonan itu, Jerman ingin melanjutkan keterlibatannya dan, antara lain, memperjuangkan sekuat tenaga persamaan hak di bidang ekonomi dan sosial sambil menawarkan diri sebagai mitra yang andal dan bersikap terbuka dalam menghadapi semua tantangan global.

Pertemuan Teater Berlin
Berliner Theatertreffen yang diselenggarakan sejak tahun 1964 oleh Berliner Festspiele adalah festival teater terpenting di Jerman. Acara yang diadakan setiap bulan Mei mengetengahkan sepuluh pementasan dari musim pertunjukan sebelumnya “yang paling patut diperhatikan”. Kesepuluh sandiwara itu dipilih dari sekitar 400 pementasan oleh juri beranggotakan kritikus teater. Pertemuan Teater itu juga merupakan forum bagi penulis drama muda yang dapat menawarkan karya baru mereka dalam apa yang disebut “pasar sandiwara”.

Politik Luar Negeri
Tujuan utama politik luar negeri Jerman ialah pelestarian perdamaian dan keamanan di dunia. Dalam definisi lebih luas, keamanan mencakup juga aspek-aspek hak asasi manusia, ekonomi, ekologi dan sosial, selain pencegahan konflik, pertahanan, serta pengurangan dan pengawasan persenjataan. Dalam implementasi aspek-aspek itu termasuk usaha demi perlindungan hak asasi manusia di seluruh dunia, demi tata perekonomian dunia dengan peluang bagi semua, demi perlindungan lingkungan hidup yang tidak terhalangi batas negara, dan demi dialog antarbudaya yang terbuka. Hubungan politik di bidang budaya dan pendidikan merupakan bagian integral dari politik luar negeri Jerman. Pelaksanaannya diserahkan untuk sebagian besar kepada organisasi perantara seperti Goethe-Institut, Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD), Alexander-von-Humboldt-Stiftung, Institut für Auslandsbeziehungen, dan Komisi Jerman UNESCO. (lihat halaman 162)

Politik luar negeri dan politik keamanan bersama (PLNKB/PKPE)
Dalam rangka Politik Luar Negeri dan Keamanan Bersama (PLNKB), UE mengembangkan Politik Keaman­an dan Pertahanan Eropa (PKPE). Dalam jangka waktu 60 hari, negara anggota menyediakan pasukan untuk tugas humaniter, aksi penye­lamatan, tindakan pemeliharaan perdamaian serta operasi militer sebanyak maksimal 60.000 tentara. Sejak Januari 2007, per semester disediakan dua unit pasukan intervensi cepat yang masing-masing mencakup sekitar 1.500 prajurit dan yang selalu dalam keadaan siap-­siaga.

Posisi pimpinan
Hampir sepertiga dari semua tenaga pimpinan di Jerman ada­lah perempuan. Menurut catatan “Führungskräfte-Monitor”, bagian terbesar di antaranya, 44 persen, bekerja di instansi pemerintah dan jawatan. Sektor swasta dengan 31 persen berada jauh di bawah taraf itu. Keba­nyakan perempuan yang memegang posisi pimpinan di industri swasta bekerja di sektor jasa; jumlahnya di sektor itu mencapai 38 persen. Sebaliknya di bidang usaha produksi hanya tercatat 24 persen. Di sektor bangunan, angka itu hanya mencapai 14 persen. Bagi perempuan, usaha menunaikan karier sampai mencapai posisi pimpinan tertinggi sangat berat. Andil perempuan yang memegang posisi puncak masih tetap kecil. Hanya tujuh persen di antara perempuan yang memegang posisi pimpinan berada pada pucuk pimpinan tertinggi dengan bidang tugas yang sangat luas.

Prinsip kesubsideran
Kesubsideran termasuk konsep pokok federalisme. Menurut prinsip itu, tanggung jawab dan keputusan harus berada di tangan entitas sosial paling kecil yang sanggup menangani persoalan yang bersangkutan – yakni pertama-tama individu, kemudian keluarga, himpunan dan organisasi, kotapraja dan desa, negara bagian dan negara seluruhnya, sampai kepada Uni Eropa dan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Program Pelestarian Energi dan Iklim Terpadu
Melalui program terpadu di bidang energi dan iklim, Pemerintah Federal bertujuan mengurangi emisi gas rumah-kaca di Jerman sampai tahun 2020 dengan 40 persen dibandingkan dengan tahun 1990. Program itu mencakup tindakan di 29 ranah, dari kombinasi tenaga-panas (instalasi yang menghasilkan baik listrik maupun panas), melalui energi terbarukan sampai ke pengembangan lebih lanjut dari teknologi Carbon Capture and Storage (CCS), yaitu pemisahan dan penyimpanan karbon dioksida yang terjadi dalam proses pembangkit listrik. Ada tiga sasaran pokok yang dituju oleh Pemerintah Federal dengan program pelestarian iklim: terjaminnya pengadaan dan distribusi energi, sifat ekonomis, dan sifat ramah lingkungan.

Proses Bologna
Dalam pertemuan dengan negaranegara tetangganya di Eropa pada tahun 1999 di Bologna, Jerman menyepakati sasaran untuk menciptakan kawasan perguruan tinggi bersama Eropa sampai tahun 2010. Sebagai hasil reformasi itu, Jerman mengubah jenjang perkuliahan ke sistem studi bachelor/master yang bertingkat dua. Di samping itu diintrodusir pemakaian angka kredit menurut sistem yang diakui di seluruh Eropa.

Pusat Pariwisata Jerman
Deutsche Zentrale für Tourismus (DZT) adalah Badan Pariwisata Nasional Jerman yang berkedudukan di Frankfurt am Main. Melalui enam pengelola regional dan 29 perwakilan di luar negeri serta agen distribusi, organisasi turisme ini mengkoordinasi dan melaksanakan kegiatan pemasaran dan distribusi internasionalnya.

Rainer Geißler
Guru besar sosiologi pada Universitas Siegen, penulis buku teks standar Die Sozialstruktur Deutschlands (Struktur Sosial Jerman).

RDJ
Republik Demokrasi Jerman didirikan pada tahun 1949 di zone pendudukan Uni Sovyet di Jerman dan sektor timur kota Berlin. Eksistensinya berakhir pada tanggal 2 Oktober 1990. RDJ, atau Jerman Timur, termasuk Blok Timur yang berada di bawah hegemoni Uni Sovyet. Pada pemberontakan rakyat tahun 1953 terjadi demonstrasi di seluruh wilayah RDJ yang ditumpaskan dengan kekerasan oleh pasukan Uni Sovyet yang dibantu oleh kepolisian Jerman Timur.

Reformasi tatanan federal
Dalam rangka pembaruan federalisme, mulai tahun 2006 ­diberlakukan peraturan reformasi tatanan negara federal. Perangkat hukum yang merupakan ­perubahan terbesar terhadap konstitusi sejak tahun 1949 itu melonggarkan pertautan ­wewenang antara federasi dan negara bagian. Antara lain ­dikurangi jumlah rancangan ­undang-undang federal yang memerlukan persetujuan ­Bundesrat, yaitu dari sekitar 60 persen menjadi 35 hingga 40 persen. Sebagai imbalan, lingkup wewenang negara bagian diperluas, terutama di bidang pendidikan. Dengan perubahan lain terhadap konstitusi, tahun 2009 ditetapkan “rem utang“ yang berfungsi membatasi ­pengambilan kredit baru oleh federasi dan negara bagian.

Reich Ketiga
Yang dinamakan ”Kerajaan Ketiga“ atau Drittes Reich ialah kurun waktu berkuasanya rezim Nazi selama 12 tahun dari 1933 sampai 1945. Periode itu berawal dengan pengangkatan Adolf Hitler menjadi kanselir Reich pada tanggal 30 Januari 1933 dan berakhir dengan kapitulasi tak bersyarat angkatan bersenjata Jerman pada tanggal 7 Mei 1945. Reich Ketiga itu telah menjadi sinonim bagi mesin propaganda yang menyebarkan ideologi rasistis dan anti-Yahudi, peleburan organisasi-organisasi politik dan kemasyarakatan, infiltrasi ideologi ke dalam kehidupan umum, teror terhadap warga Yahudi dan terhadap orang-orang yang berpandangan lain, sinonim juga bagi dukungan massa yang antusias dan bagi pembunuhan masal yang dijadikan industri, bagi nafsu mengekspansi wilayah dan pencetusan Perang Dunia II.

Republik Bavaria
Ibu kota: München
Penduduk: 12 .493.000
Luas dalam km²: 70.549,19
PDB dalam miliar Ero: 409,48
www.bayern.de

Republik Sachsen
Ibu kota: Dresden
Penduduk: 4.250.000
Luas dalam km²: 18 .413,91
PDB dalam miliar Ero: 88,71
www.sachsen.de

Republik Thüringen
Ibu kota: Erfurt
Penduduk: 2.311.000
Luas dalam km²: 16 .172,14
PDB dalam miliar Ero: 45,99
www.thueringen.de

Republik Weimar
Pada tanggal 9 November 1918, Philipp Scheidemann dari Partai Sosialis-Demokrat memproklamasikan negara republik. Di kemudian hari, republik ini dinamakan menurut kota Weimar, tempat bersidangnya Majelis Nasional yang merumuskan konstitusinya. Selama berdirinya Republik Weimar, (1919-1933) Reich Jerman – nama itu tetap dipakai – merupakan federasi yang demokratis. Sistem pemerintahannya berupa campuran antara tatanan presidentil dan parlementer. Percobaan kedua ini untuk mendirikan demokrasi liberal menurut contoh Barat di Jerman mengalamai kegagalan pula. Republik yang sudah dilemahkan oleh konflik intern berakhir dengan perebutan kekuasaan oleh Partai Nasionalsosialis (Nazi) yang membawa diktatur totaliter.

Reunifikasi
Dengan terjadinya penggulingan secara damai di Jerman Timur pada tahun 1989, penyatuan kembali kedua negara Jerman semakin mendekat. Sekitar pertengahan tahun 1990 dimulailah perundingan mengenai perjanjian penyatuan di Berlin. Pada tanggal 3 Oktober 1990, RDJ menyatakan dirinya bergabung dengan Republik Federal Jerman berdasarkan Pasal 23 Undang-Undang Dasar RFJ. Pada tanggal 2 Desember 1990 diselenggarakan pemilihan umum pertama yang menentukan anggota parlemen federal, Bundestag, untuk seluruh Jerman.

Revolusi secara damai
Dengan revolusi dari bawah yang terjadi secara spontan dan yang mengabaikan kekerasan, rakyat Jerman Timur berhasil meraih kekuasaan dalam jangka waktu beberapa minggu saja di musim gugur 1989. Pada tanggal 9 November 1989, orang meruntuhkan sebagian dari Tembok Berlin, lambang pembelahan Jerman dan simbol Perang Dingin. Peristiwa itu didahului oleh gerakan pelarian masal warga RDJ yang meninggalkan negara mereka melalui Praha, Warsawa, dan perbatasan antara Hongaria dan Austria yang telah dibuka sementara itu. Di samping itu terjadi aksi unjuk rasa besarbesaran, khususnya di Leipzig, protes terbuka oleh orang-orang terkenal dan tokoh pembela hak warga, serta tuntutan akan kebebasan bepergian yang semakin gencar.

Rheinland-Pfalz
Ibu kota: Mainz
Penduduk: 4.053.000
Luas dalam km²: 19.847,39
PDB dalam miliar Ero: 100,72
www.rheinland-pfalz.de

Saarland
Ibu kota: Saarbrücken
Penduduk: 1 .043.000
Luas dalam km²: 2.568,65
PDB dalam miliar Ero: 28,01
www.saarland.de

Sachsen-Anhalt
Ibu kota: Magdeburg
Penduduk: 2.442.000
Luas dalam km²: 20.445,26
PDB dalam miliar Ero: 50,14
www.sachsen-anhalt.de

Sasaran pelestarian iklim dari UE
Pada awal tahun 2010, UE menyatakan keterikatannya pada Kesepakatan Kopenhagen mengenai iklim. Dalam realisasinya Jerman akan memberikan kontribusi di atas rata-rata. Dibandingkan dengan tahun 2005, di sektor-sektor rumah tangga, angkutan, pertanian dan jasa saja digariskan pengurangan emisi karbon dioksida sebesar 14 persen. Sebagai sarana tepat untuk mencapai target pelindungan iklim dikembangkan “perdagangan emisi“, penjualan hak emisi CO2 oleh industri dan perusahaan listrik, yang diuji oleh UE sejak tahun 2005 dan yang mencakup sekitar 40 persen dari emisi gas rumah-kaca.

Schleswig-Holstein
Ibu kota: Kiel
Penduduk: 2.834.000
Luas dalam km²: 15.763,18
PDB dalam miliar Ero: 69,86
www.schleswig-holstein.de

Seni panggung
Di Jerman sering dipentaskan karya seniman yang suka bereksperimen. Cara ekspresi baru dicoba juga oleh teater tari Jerman yang memiliki beberapa ansambel terkemuka. Termasuk di antara tokoh besar teater tari modern ialah Pina Bausch; wanita itu dianggap sebagai koreograf yang paling menonjol masa kini. Bintang lain di gelanggang teater tari internasional ialah penari dan koreograf Sasha Waltz yang lahir di Karlsruhe dan yang bekerja sebagai penata tari pada Schaubühne di Berlin.

Serikat Jerman
Himpunan longgar antara negaranegara berdaulat dan kota-kota bebas di Jerman ini dibentuk pada Kongres Wina tahun 1815. Mulamula serikat ini memiliki 41, akhirnya 33 anggota. Tujuan utama konfederasi ialah keamanan semua anggotanya, baik intern maupun ekstern. Satu-satunya organ serikat adalah Majelis Federal yang berkedudukan di Frankfurt am Main. Akibat perselisihan antara Austria dan Prusia yang semakin meruncing sejak pertengahan abad ke-19, akhirnya Serikat Jerman retak. Pembubarannya terjadi pada tahun 1866.

Sistem pemilihan
Pemilihan umum di Jerman menerapkan sistem proporsional yang dimodifikasi sedikit dan diarahkan pada person calon anggota parlemen. Setiap pemilih mempunyai dua suara. Dengan suara pertama ia memilih langsung calon yang diajukan di distrik pemilihannya oleh salah satu partai. Dengan suara kedua ia memilih daftar calon yang ditentukan oleh partai pada tingkat negara bagian. Jumlah suara kedua yang sah merupakan dasar bagi jumlah kursi di Bundestag.

Situs web yang digemari
Jumlah pengunjung paling banyak di antara halaman web yang dikelola secara jurnalistik di Jerman dicatat oleh Spiegel Online, bild.de dan Kicker Online (dihitung menurut jumlah kunjungan yang terdaftar melalui IVW). Secara keseluruhan, jumlah kunjungan terbanyak dicatat menjelang akhir tahun 2009 oleh situs web T-Online Content, MSN dan Yahoo, disusul oleh forum mahasiswa StudiVZ.

Swatantra komunal
Undang-undang dasar menjamin hak kota, komune dan distrik untuk mengurus sendiri segala hal yang menyangkut masyarakat setempat, dengan menaati undang-undang yang berlaku. Hak swatantra terutama menyangkut angkutan umum jarak dekat, pembangunan jalan setempat, pengadaan air, gas dan listrik, penyaluran dan pengolahan air limbah serta planologi perkotaan.

Taman Nasional
Sebagian besar di antara ke-14 taman nasional Jerman terletak di bagian utara. Ciri istimewa semua taman itu ialah alam dan lanskap yang unik yang dipelihara demi pelestarian keanekaan jenis tumbuhan dan binatang yang langka. Taman nasional terbesar adalah Nationalpark Schleswig- Holsteinisches Wattenmeer seluas 441.000 hektar, yang terkecil ialah Nationalpark Jasmund di Pulau Rügen yang arealnya seluas 3.003 hektar mencakup tebing-tebing kapur yang terkenal.
Taraf hidup
Republik Federal Jerman tergolong negara bertaraf hidup paling tinggi di dunia. Menurut Indeks HDI Perserikatan Bangsa- Bangsa, Jerman termasuk negara paling maju menurut kriteria usia harapan hidup, taraf keberaksaraan, dan pendapatan per kapita. Sistem kesehatan memungkinkan pelayanan medis yang lengkap, sistem-sistem jaminan sosial berupa asuransi wajib di bidang kesehatan, perawatan, kecelakaan, purnakarya/hari tua dan pengangguran melindungi warga dari dampak keuangan yang ditimbulkan risiko kehidupan.

Teater
Berkat 140 teater publik di 120 kota dan komune dengan 820 lebih tempat pertunjukan, ditambah dengan 170 teater swasta, Jerman terhitung di antara negara teater penting. Termasuk di antara gedung sandiwara dan ansambel terkenal Thalia-Theater di Hamburg, Berliner Ensemble dan Kammer­spiele di München.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
Jerman merupakan negara TIK: Peranti komputer tersedia di 84 persen perusahaan dan 76 persen rumah tangga. Perusahaan yang menyelenggarakan toko online kini sudah dapat mencapai lebih dari sepertiga omzetnya melalui perdagangan di internet. Jerman merupakan juga pasaran terbesar di Eropa di bidang radiotelefoni dan komunikasi online. Sekitar 60.000 perusahaan dalam industri TIK Jerman yang mempekerjakan sekitar 855.000 orang mencapai omzet total sebesar kurang lebih 223 miliar Ero pada tahun 2007. Dalam pasaran global untuk teknik informasi dan komunikasi, Jerman memegang bagian sebesar enam persen.

Tingkat kualifikasi
Pada saat lulus sekolah, sekitar 50 persen remaja memulai pendidikan kerja di salah satu jenis pekerjaan didikan yang diakui negara, atau sebagai pendidikan kerja sistem ganda, atau  se­bagai pendidikan di perguruan kejuruan khusus. Empat puluh lima persen kelompok usia itu meraih tanda lulus yang memberi hak untuk memasuki studi di perguruan tinggi. Dibanding­kan dengan jumlah penduduk seluruhnya di kelompok usia tersebut, kuota mahasiswa pemula mencapai 43 persen.

Transfer dana
Semua pembayar pajak di Jerman turut menyumbang demi berhasilnya “pembangunan di Jerman bagian timur“. Bagian terbesar dari dana yang ditransfer ke negara bagian baru berasal dari setoran pajak umum. Sejak tahun 1991 ditarik tambah­an solidaritas (mula-mula untuk waktu terbatas, sejak tahun 1995 tanpa batas waktu): Dewasa ini besar tambahan tersebut ialah 5,5 persen dari pajak pendapatan dan pajak badan yang dipungut atas semua penghasilan dan laba perusahaan di Jerman bagian barat dan timur. Sekitar 12 miliar Ero per tahun berhasil dari pajak federal tersebut. Sebagian besar lain­nya dari biaya persatuan ditang­gung oleh kas-kas sosial – yang dibantu oleh kas negara juga.

Undang-Undang Dasar
Tatanan politik dan hukum Republik Federal Jerman didasari oleh konstitusi. Mula-mula undangundang dasar tersebut dimaksudkan sebagai pegangan untuk masa peralihan yang akan digantikan oleh konstitusi yang berlaku untuk seluruh Jerman. Dengan bergabungnya Jerman Timur dengan wilayah berlakunya undang-undang dasar RFJ pada tanggal 3 Oktober 1990, UUD itu menjadi konstitusi bagi seluruh Jerman. Konstitusi itu menandai sejarah keberhasilan Jerman setelah jatuhnya rezim Nazi dan dianggap sebagai pencapaian istimewa dalam sejarah Jerman.

Undang-Undang Dasar
Setelah diputuskan oleh Dewan Parlementer, Undang-Undang Dasar mulai berlaku pada tanggal 23 Mei 1949. Konstitusi ini merupakan tatanan dasar Republik ­Federal Jerman di bidang hukum dan politik. Khususnya hak-hak dasar yang ditetapkan oleh ­konstitusi memiliki arti penting – teristimewa Pasal 1 Undang-­Undang Dasar. Sebagai nilai ­tertinggi tatanan konstitusional diteguhkannya penghargaan martabat manusia.

Undang-Undang Energi Terbarukan
Erneuerbare-Energien-Gesetz (EEG) diundangkan untuk memajukan instalasi pembangkit energi yang memakai sumber yang terbarukan. Tujuan undang-undang itu ialah, agar andil energi terbarukan dalam konsumsi listrik meningkat menjadi paling sedikit 35 persen pada tahun 2020 dan seterusnya naik secara kontinu. Kepada produsen, EEG menjamin imbal¬an dengan tarif yang pasti. Undang-undang itu termasuk dalam rangkaian tindakan yang bertujuan mengurangi ketergantung¬an dari sumber energi fosil dan dari impor energi dari luar kawasan UE. Pokok EEG Jerman tersebut telah diambil alih oleh banyak negara lain di dunia.

Undang-undang urusan migran tetap
Undang-undang migran yang pertama dalam sejarah Jerman mulai berlaku pada awal tahun 2005. Undang-undang itu membedakan antara izin tinggal dengan batas waktu dan izin menetap yang tidak terbatas waktunya. Pada waktu yang sama ditetapkan tindakan untuk integrasi para pendatang, seperti kursus bahasa Jerman yang diwajibkan.

Universitas swasta
Di samping universitas milik lembaga keagamaan, sejak tahun 1970-an didirikan juga sejumlah perguruan tinggi swas­ta yang diakui oleh negara. Dewasa ini di Jerman terdapat sekitar 130 perguruan tinggi swasta, kebanyakan di antara­nya kecil, termasuk 10 universitas swasta seperti European Business School di Oestrich-Winkel dan Private Universität Witten/Herdecke, serta 12 perguruan tinggi teologi.

Universitas Teknik
Universitas yang kegiatannya terfokus pada ilmu teknik menamakan dirinya Technische Universität (TU) atau Technische Hochschule (TH). Dibandingkan dengan perguruan tinggi ilmu terapan, universitas teknik lebih mengutamakan riset dasar. Kesembilan TU terkemuka telah bergabung dalam Prakarsa TU9. Anggotanya berorientasi internasional dan melakukan sejumlah besar kegiatan pendidikan tinggi di mancanegara yang dikoordinasikan oleh badan prakarsa tersebut.

Willy Brandt (1913–1992)
Tokoh dari Partai Sosialis Demokrat ini memegang jabatan Kanselir Federal dari Republik Federal Jerman dari tahun 1969 sampai 1974. Untuk apa yang dikenal sebagai Ostpolitik-nya, yaitu politik peredaan ketegangan dan pencarian keseimbangan dengan negara-negara Eropa Timur (”politik langkah-langkah kecil“), Brandt menerima Hadiah Nobel untuk Perdamaian pada tahun 1971. Politik detentenya ikut membuka jalan bagi Konferensi Mengenai Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (CSCE).

Yayasan Budaya Federal
Yayasan bernama Kulturstiftung des Bundes yang didirikan pada tahun 2002 adalah lembaga yang berkegiatan di seluruh Jerman dan di luar negeri. Dengan mendukung proyek-proyek yang sesuai, yayasan itu terutama menanggapi tantangan seni-budaya di abad ke-21. Yayasan Budaya Federal berkedudukan di Halle an der Saale.





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Dunia Penuh Kisah - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -